Moto3

Honda Luncurkan Prototipe Moto3 Honda NSF250R Di Sirkuit Catalunya

Mulai musim 2012 mendatang, mesin 2-Tak akan hilang dari kompetisi balap motor dunia Grand Prix. Kelas 125cc yang saat ini menjadi satu-satunya kelas yang memperlombakan mesin 2-Tak akan diganti dengan kelas Moto3 yang memperlombakan motor bermesin 4-Tak 250cc.

Honda Racing Corporation (HRC) akhirnya meluncurkan paket motor Moto3 yaitu Honda NSF250R pada Kamis (2/6) kemarin, di sirkuit Catalunya Spanyol. Acara peluncuran yang dihadiri langsung oleh Shuhei Nakamoto Executive Vice President HRC dan Yoshiyuki Kurayoshi sebagai project leader.

Tipe motor 1 silinder dengan 4 langkah itu tampil dengan paket yang lengkap. Memiliki pendingin cairan mesinnya dibangun di atas sasis dan geometri yang berdasarkan sasis mesin 125cc Grand Prix yang pernah mereka miliki. Improvisasi masih akan dilakukan kemudian berikut dengan klep berbahan titanium lengkap dengan crankshaft. Bobot totalnya adalah 84 kg, masih lebih tinggi dari batas minimal dalam regulasi.

Shuhei Nakamoto juga menjelaskan filosofi di balik pengembangan mesin Moto3 mereka.
“Tujuan kami adalah untuk memperluas dasar olahraga motor melalui kelas Moto3, dan sukacita terbesar untuk kelas ini menjadi batu loncatan untuk juara masa depan”, kata Nakamoto seperti dilansir situs MotoGP.com

Juara Dunia GP500cc tahun 1999 Alex Criville hadir dalam peluncuran Honda NSF250R. Criville juga menjajal Honda NSF250R Moto3 di Catalunya, Spanyol.

“Sudah waktunya untuk beralih ke Moto3. Masa depan akan lebih menarik. Bagi saya, ini merupakan waktu yang baik untuk berubah untuk kelas ini”, komentar Criville.










  

About Dicky

rodanews.com adalah blog kedua saya setelah dickyfumi.com. rodanews.com blog yang berisi Dunia Otomotif tentang kumpulan berita terbaru Dunia Otomotif seperti roda dua dan roda empat. Bukan hanya itu saja, Balapan Dunia seperti MotoGP, Formula 1 dan WSBK pun saya bahas di rodanews.com

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.