Motor

Tips Mencuci Motor

Setelah Cuci Seperti ini lah :)
Tiap hari cuaca di Indonesia khususnya Jakarta sulit diprediksi kadang panas sekali kadang hujan. Saya lebih suka panas aja pas siang malamnya baru hujan biar enak tidurnya (hehehe). Paling kesal kalau hujan pas siang hari karena saya menggunakan motor jadi susah kalau mau pergi apalagi kalau mao berangkat kerja, rada ribet harus pake jas hujan dan kaki sudah pasti kotor kena cipratan air di jalan dan satu lagi motor kesayanganpun ikutan jadi kotor. Terus terang saya paling ga suka liat lama – lama kalau motor saya kotor bisa dikatakan hampir setiap kena hujan pasti saya langsung cuci. Dan  motor sudah bersih saya males untuk keluar jika cuaca masih hujan dan jalanan masi becek, bahkan diajak teman selalu saya tolak kecuali dijemput (hehehe). Maka saya sering diejek oleh teman saya karena kebiasaan ini. Hehehe:)

Kenapa saya tidak mau cuci di bengkel steam? Kan capek juga kalau cuci sendiri.
Karena mau hemat dan merawat body motor kita supaya tidak terlalu cepat lecet. Hemat karena kalau cuci di bengkel harus keluarkan uang yang lumayan dengan kebiasaan saya. Coba dech hitung 1x cuci Rp. 7.000 kalau hujan 5 hari dalam seminggu berarti saya uda harus keluarin uang Rp.35.000, kalau tiap minggu hujan terus bisa – bisa ga makan saya (hehehe). Merawat body motor karena kalau di bengkel yang saya perhatiin mereka tidak pernah bilas busa untuk mencucinya kan dari sekian banyak motor pasti kotoran ada yang menempel, jadi pas cuci motor kita kena dech body motor kita (lecet lah sudah motor kesayangan, hehehehe).

Sesuai dengan judul sekarang saya mau bahas kebiasaan saya memandikan motor sapa tau berguna bagi yang membaca artikel ini. Daripada menunggu tempat pencucian lagi rame (apalagi pas hari sabtu minggu) bisa sampe bosen tunggunya mendingan waktunya digunakan untuk cuci sendiri plus Hemat (hehehe). Sebelum mulai harus dipersiapkan alat2nya dulu seperti busa,Plas Chamois / lap Kanebo,sikat gigi, kuas, shampo motor ( bisa juga menggunakan sabun cuci piring),sabun colek dan semir ban (kalau ada aja).



Langkah pertama kita siram dulu bagian bawah mesin motor dan sikat dengan sabun colek seperti pada gambar di atas.Biasanya bagian bawah mesin tempat paling kotor dan terdapat percikan oli. Kalau tidak menggunakan sabun colek kotorannya susah hilang, setelah sikat2 langsung disirem dengan air supaya sabun colek tidak menempel. Bagian bawah mesin selesai lanjut ke blok mesin karena blok mesin terdapat sela-sela kecil biasanya kotoran suka berkumpul disana jadi cara membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi, kuas dan sabun colek. Setelah sesi sikat selesai ingat langsung disiram ya!! Biar sabun colek tidak menempel. Bagian mesin selesai lanjut ke roda belakang velg belakang ya biasanya paling kotor dan terdapat cipratan oli rantai. Untuk menghilangkanya cukup menggunakan sabun colek, jangan lupa disiram ya setelah selesai.

Langkah kedua setelah selesai membersihkan kotoran yang bercampur oli. Sekarang kita bersihkan bagian seluruh bagian dengan shampo motor. Langkah kali ini urutannya dari atas body baru bagian bawah. Usahakan busa / kain halus untuk body dipisahkan supaya tidak cepat lecet body motornya. Setelah semuanya selesai di shampo siram sampai tidak ada busanya.

Langkah ketiga adalah pengeringan. Biasakan tahap pengeringan, keringkan dari atas ( body dulu) baru turun ke kaki – kaki, velg dan mesin. Kalau bisa saya sarankan punya 2 kanebo supaya body lebih terawat. Selesai lap - lap kalau ada semir ban, disemir dech bannya biar keliatan lebih kinclong seperti baru lagi motornya.

Selamat mecoba ya :)

About Dicky

rodanews.com adalah blog kedua saya setelah dickyfumi.com. rodanews.com blog yang berisi Dunia Otomotif tentang kumpulan berita terbaru Dunia Otomotif seperti roda dua dan roda empat. Bukan hanya itu saja, Balapan Dunia seperti MotoGP, Formula 1 dan WSBK pun saya bahas di rodanews.com

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.